All Post

Webinar JKG Poltekkes Kemenkes Jambi bersama DPD PTGMI Jambi

Spread the love

Webinar Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Jambi
“WEBINAR NASIONAL PELAYANAN ASUHAN KESEHATAN GIGI DI ERA NEW NORMAL”

Materi :

  1. Regulasi dan Kebijakan PTGMI Mengenai Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut di Era New Normal (Epi Nopiah, S.Pd., M.AP)
  2. Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi oleh Terapis Gigi dan Mulut pada Era New Normal (Hendry Boy, S.Si.T., MDSc)
  3. Prosedur Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di Rumah Sakit Era New Normal (Maria Yuniati, AMKG., SKM)
    Moderator pembahas : Slamet Riyadi, SKM., M.Pd

GRATIS dan TERBUKA UNTUK UMUM :
Dosen, Mahasiswa, Organisasi Profesi, masyarakat umum, pemerhati penelitian.

Link registrasi untuk umum (selain anggota PTGMI): https://bit.ly/RegKepgiPolkesjam
(Kuota Zoom 1000 peserta)
Acara disiarkan juga secara langsung pada laman ini atau melalui Youtube resmi Poltekkes Kemenkes Jambi

KHUSUS ANGGOTA PTGMI YANG TELAH MENDAFTAR MELALUI AKUN SIKAP MASING-MASING, SILAKAN KLIK DI SINI UNTUK MELIHAT KODE KELAS GOOGLE CLASSROM WEBINAR INI! (Gunakan browser Google Chrome jika membukanya di HP atau download di sini)

Jika laman/jendela Google Sheet tersebut telah terbuka, gunakan menu Edit > Cari dan ganti atau dengan menekan tombol Ctrl+H pada keyboard untuk melakukan pencarian berdasarkan nama/nomor KTA sehingga kode kelas yang tertera di kolom Kode Kelas mudah ditemukan.

Setelah kode kelas ditemukan, lanjutkan dengan membukan Google Classroom dan login menggunakan akun Google Suite PTGMI Anda. Ikuti panduan di bawah ini untuk bergabung menggunakan kode kelas tersebut.

PANDUAN PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM WEBINAR JURUSAN KEPERAWATAN GIGI POLTEKKES KEMENKES JAMBI TANGGAL 27-06-2020

VIDEO PANDUAN MASUK KE GOOGLE CLASSROOM WEBINAR JURUSAN KEPERAWATAN GIGI POLTEKKES KEMENKES JAMBI TANGGAL 27-06-2020

e-Sertifikat 3 skp akan otomatis tersedia dalam akun SIKAP masing-masing peserta jika mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan mengerjakan tugas-tugas pada Google Classroom webinar ini.

Bagi yang mengalami kendala dapat mengirimkan email ke admin@ptgmi.or.id dengan menyertakan foto/screenshot layar hp/laptop/komputer tentang kendalanya. Terima kasih.

Selamat bergabung… Salam PTGMI…

AMANAH… PROFESIONAL… MANFAAT!

Video Live Streaming Webinar JKG Poltekkes Kemenkes Jambi:

YouTube Live Streaming Webinar JKG Poltekkes Kemenkes Jambi

Poltekkes Kemenkes Jambi Jurusan Keperawatan Gigi bekerja sama dengan DPD PTGMI Provinsi Jambi melaksanakan kegiatan webinar nasional dengan tema “Pelayana Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut di Era New Normal” melalui zoom Meeting Poltekkes Kemenkes Jambi dan Chanel Youtube Poltekkes Jambi. Webinar ini menghadirkan narasumber ketua DPP PTGMI Ibu Epi Nopiah,S.Pd, M.AP, Wadir II Poltekkes Kemenkes Jambi Bapak Hendry Boy, S.SiT, MDSc, serta ketua DPD PTGMI Provinsi Jambi Ibu Maria Yuniati, AMKG, SKM sebagai pembicara dalam acara tersebut yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 27 Juni 2020 dari jam 08.30  sampai 12.00 WIB.

            Ketua Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkkes Kemenkes Jambi Bapak Junaidi,S.Pd, MDSc, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Jurusan Keperawatan Gigi  Jambi saat ini memiliki dua Prodi yaitu Prodi Kesehatan Gigi Program Diploma tiga dan Prodi Terapi Gigi Program sarjana Terapan. Dari registrasi yang dilakukan, peserta yang mengikuti webinar ini berjumlah 6021 peserta yang terdiri dari 4.999 orang profesi terapis gigi, 602 mahasiswa, 234 dosen,  88 tenaga kesehatan lain dan 98 masyarakat umum.

Direktur Poltekkes Kemenkes Jambi Bapak Rusmimpong, S.Pd, M.Kes dalam pembukaaan webinar ini menyampaikan bahwa sejak WHO menetapkan covid-19 sebagai pandemik pada tanggal 11 maret 2020 yang lalu negara – Negara diseluruh dunia menerapkan sejumlah langkah pengendalian untuk melakukan persiapan dan tanggapan yang komprehensif untuk covid-19, mengutip dari panduan interim WHO 16 april 2020 tujuan keseluruhan strategi respon covid-19 global WHO adalah agar semua Negara mengendalikan pandemi ini dengan cara menahan penularan dan menurunkan kematian akibat covid-19. Tenaga kesehatan berperan penting dalam memberikan tanggap terhadap wabah covid -19 dan menjadi pertahanan suatu Negara untuk membatasi atau menanggulangi penyebaran penyakit. Penularan Virus SARS-COV-2 penyebab covid – 19 ini melalui droplet sehingga membuat nakes yang memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut baik dokter gigi maupun terapis gigi berada di titik penuh risiko dan menjadi profesi yang paling rentan terpapar covid – 19 dibandingkan dengan profesi kesehatan lainnya. Mengingat profesi terapi gigi harus berurusan dengan area mulut pasien dan harus ada kontak dekat dengan pasien serta layanan kesehatan gigi dan mulut ini tidak bisa dilakukan secara digital. Untuk menghindari penularan dan penyebaran covid-19 tentunya perlu dipahami protokol kesehatan yang harus diterapkan untuk pelayanan kesehatan gigi dan mulut, hal ini yang menjadi tema webinar hari ini.

            Dalam materi yang disampaikan oleh ketua DPP PTGMI Ibu Epi Nopiah,S.Pd, M.AP menyampaikan materi regulasi dan kebijakan organisasi profesi dalam memberikan pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut sesuai kewenangan di era new normal. Dalam materinya juga menyampaikan batasan – batasan kompetensi tenaga terapis gigi sesuai undang – undang dan peraturan yang berlaku.

            Wadir II Poltekkes Kemenkes Jambi bapak Hendry  Boy S.SiT, MDSc menyampaikan materi yang berkaitan dengan pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut oleh terapis gigi dan mulut (TGM) Era New Normal. Pemateri ini juga menyampaikan bahwa pelayanan asuhan keperawatan gigi dan mulut di Puskesmas pada masa pandemik covid-19 berupa pembatasan pelayanan pada pasien tanpa keluhan atau keluhan ringan, pelayan hanya pada kasus darurat serta pelayanan promotif.

            Materi yang ke tiga disampaikan oleh ketua DPD PTGMI provinsi Jambi ibu Maria Yuniati, AMKG,SKM  menyampaikan prosedur pelayanan di  Poliklinik gigi di era new normal. Materi ini menerangkan tentang aturan aturan yang tertuang dalam keputusan menteri kesehatan  Republik Indonesia antara lain bekerja sif malam agar ditiadakan, waktu kerja jangan terlalu panjang, jarak minimal antar pekerja 1 meter, pemerintah izinkan work from home dan perusahaan wajib jaga nutrisi makanan.

Please follow and like us:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.